Haruskah Penjaga Warnet bergelar S.Kom ???


Anda harus mencoba keluar dari dunia maya, maksudnya coba sesekali Anda renungkan apakah saya akan terus menerus menjadi OW (Operator Warnet) ?


Maaf, bila judul diatas ada yang tersinggung. Bukan maksud saya dalam tulisan ini melarang lulusan S1 Informatika (dan sejenisnya) bekerja menjadi penjaga/operator warnet. Jangan heboh dulu dg judul diatas, saya salut bila Anda sudah cepet bekerja menjadi operator warnet (OW). Apalagi anda masih kuliah sudah menjadi operator warnet, wah itu patut disyukuri, sebab anda bisa berbuat lebih dari mahasiswa lainnya yg tidak memiliki akses internet sebebas anda, dan juga pastinya anda akan menjadi lebih cepat faham daripada mahasiswa lainnya sebab segala informasi sudah anda genggam di internet. Salut...!

Tapi yang perlu dihati-hatikan adalah ketika anda yg lulus S1 Informatika dan bergelar S.Kom, jangan terbelenggu menjadi OW yg non aktif. Artinya ketika menjadi OW anda tidak lekas belajar lebih dari itu. Misalkan Anda hanya terus menerus jaga pos saja, tidak aktif mempelajari misalnya coding/progamming, design web/animator , atau pekerjaan yang memerlukan skill khusus di bidang IT. Sekali lagi hati-hati, keenakan chating, browsing, membuat Anda menjadi malas belajar, dan akhirnya tidak terasa umur anda sudah kepala 3 dan masih tetap menjadi OW. Anda harus mencoba keluar dari dunia maya, maksudnya coba sesekali Anda renungkan apakah saya akan terus menerus menjadi OW ? Kalaupun ingin menceburkan diri menjadi juragan warnet sih ok ok saja. Lho apakah salah bila seseorang menjadi OW sampai tua ?? Nggak ada yang salah (titik). Namun, apakah untuk menjadi OW anda harus lulusan S1 Informatika ? 4 tahun kuliah anda tempuh dg susah payah. Coba lihat lowongan di koran, Dibutuhkan Operator Warnet kebanyakan lulusan SMA saja cukup. Sekali lagi saya tidak bermaksud merendahkan status Anda menjadi OW yg lulusan SMA. Namun disini saya menitik beratkan pada Anda yg lulusan S1 Informatika , eman-eman (sayang seribu sayang) bila ilmu yg anda peroleh hanya untuk menjadi OW. Di kuliah Anda belajar Delphi,VB,PHP, DFD, ERD, SIM, OOP, dll untuk apa ?

Pemikiran yang saya tawarkan adalah menjadi OW untuk kemudian hari melompat lebih tinggi lagi. Misalkan menjadi juragan warnet, menjadi karyawan di suatu kantor/instansi, , atau menciptakan lapangan kerja di luar bidang IT jg bagus, tidak harus jadi analys system/programmer.

Belenggu dunia maya harus diwaspadai…yang pada akhirnya terkungkung secara tidak sadar. Yakinlah Anda bisa lebih dari itu dan menggunakan ilmu S1 Informatika pada rel yang semestinya atau di jalur rel lainnya namun pada track yang serupa.

6 komentar:

Pipi mengatakan...

Waduh judulnya udah agak2 gimana gitu yah mas =D hehe
Tapi mudah2an OW yg baca postingan ini ngga langsung mikir yg gmn2,kita ambil positifnya aja yg buat kita lebih maju dan berkembang.

Thank you

Anonim mengatakan...

Wah,,, kok gitu ya postingannya.. Iya sih saudara,,, aku tau kalo saudara itu seorang programmer handal, tapi mbok yo sing tawadhu' (ngerendah hati) ngono lho (jare wong jowo).
Kayak pepatah "Wit Pari Lak Tambah Tuo Tambah Dingkluk", opo g' yo ngono tho...
Ya postingannya sih ada bagusnya tapi kalo keadaan yang memaksa gimana ?

Tapi saya acungin jempol,, bagus...!!!

hendrik mengatakan...

Maaf,Memang kalau dibaca sekilas dari postingan agak agak terkesan berbau "sara".
Tapi jangan berprasangka dulu, coba lihat judulnya. Pakai tanda petik, hal ini berarti masih bersifat sesuatu yang tidak pasti. Dan judulnyapun masih berupa suatu pertanyaan yang bisa dijawab ya atau tidak. Jadi bagi yang tidak setuju ya monggo, bagi yang sependapat ya monggo, atau abstain ya monggo. Bukan masalah profesi atau jadi apa.
Namun ini bentuk motivator , Suatu kaum tidak akan berubah melainkan kaum itu sendiri melakukan perubahan.
Jadi akankah anda menyerah dengan keadaan ? itu kembali lagi pada diri anda...

Anonim mengatakan...

Apakah anda bangga sebagai seorang programmer ?

Anonim mengatakan...

mantap mas...tulisannya membuat smangat sy bertambah.....
sy jg mahasiswa smt5 jurusan infrmatika yg nyambil jd op warnet yg lg bingung mau ngambil bidang web,programming vb atau teknisi krn smuanya udah sy dpet dikampus tp blom satupun yg sy kuasai....
tp dari sy kerja diwarnet sy bisa dpet segudang ilmu IT dgn gabung di forum2
rencanaya sih sebelum sidang TA sy mau cabut dari op warnet dan mau serius ke pemrograman vb

Anonim mengatakan...

Maaf tapi memang pendapat saudara Hendrik betul.

OP warnet itu pekerjaan lulusan SMP. Seorang lulusan Informatika/Ilmu Komputer yang menjadi OP warnet, merendahkan dirinya sendiri, merendahkan almamater dan merendahkan lulusan Teknik Informatika/ilmu komputer secara keseluruhan.

Gara-gara kalian inilah para S.Kom dianggap sarjana Kompor mbledug.... Gara-gara kalian jurusan teknik Informatika itu dianggap jurusan tidak berguna dan bisa dipelajari dengan kursus saja!

Seorang S.Kom seharusnya minimal menjadi seorang Software Developer, membuat software dengan metodologi software engineering yang benar dan algoritma yang robust dan efisien berdasar konsep ilmu komputer dan struktur data.


Kalau tidak bisa programming, BELAJAR !!! Kuliah ngapain aja ??

Malu sama anak fisika dan elektro bahkan anak Ekonomi yang bisa programming.

Maaf kalau saya ngomong keras, jangan bilang terpaksa keadaan, dulu saya sebelum jadi S.Kom jadi teknisi komputer pernah, jadi OP warnet pernah, jadi supir angkot pernah, jadi kuli bangunan juga pernah!!

Tapi pas saya sudah lulus S.Kom saya nggak mau jadi teknisi komputer....

Saya belajar mati-matian programming dari Ebook-ebook biar bisa jadi developer handal.

Bakat nggak bakat yang penting belajar!!!!! terus terang logika programming saya lemah, tapi saya gak kenal menyerah... saya kerjain tuh soal-soal ACM yang naudzubillah sulitnya untuk melatih logika.

Saya paksakan diri saya bikin sendiri Graphics Engine untuk game dengan C++ yang luar biasa susah.... itu portfolio pertama saya... Ke employer saya tunjukkin engine buatan saya...

Akhirnya saya dari ilmu programming ini bisa melanglang buana kemana-mana sekarang...

SIAKAD

SIAKAD
Sistem Informasi Akademik

Hit Counter


View My Stats

Simpeg

Simpeg
Sistem Informasi Kepegawaian

SIMPAU

SIMPAU
Sistem Informasi Perijinan Angkutan Umum