Posting bahasan di Milis Delphindo ttg Masa Depan Pemrograman


Dalam minggu ini dari tanggal 6 s/d 11 Oktober 2008 ada posting yang ramai di bahas di Milis Delphindo mengenai Masa Depan Pemrograman (delphi). Si penanya heran ada dosen yg menolak skripsinya temannya yang akan mengerjakan dengan Delphi dan diharuskan oleh dosennya utk mengerjakan dgn Java.
Akhirnya berbagai komentar pun ramai diposting, macam2, sampai ada pesimis dg Delphi bahkan. Saya menyumbangkan pemikiran juga tapi tidak membahas ke arah teknisnya, sebab menurut pemikiran saya setiap bahasa pemrograman memiliki manfaat terlepas dari kelemahan dan kelebihan yang dimiliki masing2 bahasa. Tinggal kelihaian sopirnya saja bagaimana mengendarai kendaraan itu. Nah ini tulisan saya yang saya posting di Delphindo :

Salam hangat untuk rekan2 Delphindo

Maaf, sebelumnya. Mengikuti thread OOT : Masa Depan Pemrograman kok semakin
hangat saja ya...tapi menarik.

Saya waktu dulu , kira2 tahun 2001 , lumayan aktif di Delphindo dg ID lain, saat itu
saya kerja di kantoran dg posisi programmer junior. Jadi sering bertanya daripada sering memberi solusi :)
Banyak ilmu yang saya serap dari Delphindo.
Kemudian mulai thn kemudian 2003 saya non aktif (unsubscribe)
sampai 2 minggu yang lalu saya baru join lagi.
Sampai sekarang saya masih bekerja memakai Delphi. Dari bujangan dulu sampai skrg (sudah
punya anak 1) saya masih memakai delphi, alhamdulillah masih bisa buat makan anak istri dan
sudah 4 thn terakhir ini saya memutuskan utk wiraswasta di kota kecil...masih berkutat dengan
Delphi, walopun kalo ada yg order web ya bikin dari php. Saya memutuskan kembali ke kampung halaman
4 thn lalu. Delphi masih belum banyak dikenal apalagi yg bisa. Masyarakatnya jg masih belum tahu apa
itu kerjaan programmer ? Bahkan saat saya harus mrogram di depan laptop sampai larut pagi , dan tidur setelah
subuh sampai siang, tetangga2 terutama ibu2 rasan-rasan (artinya ngegosip) kerjaannya apa sih kok ga pernah
pergi ke kantor jam 7 pagi dan pulang sore jam 5 , seperti suami-suami mereka ?? tanya mereka ke istriku.
Susah untuk menjelaskan saat itu, apa sih programmer itu. Itulah sedikit tantangan di kota kecil.

Arti masa Depan yang dimaksud penanya mungkin ketika dalam konteks di dunia Pendidikan.
Kalo Anda bawa di milis pasti akan bermacam macam pendapatnya. Biarlah masa depan itu yang menentukan
waktu sendiri. Kalopun nanti Delphi sudah menjadi cerita spt jamannya pemrograman under DOS, ya biarlah.
Tidak usah kita terlalu ributkan. Semua ada masanya. Mungkin saat jaman itu datang anda ato saya sudah jadi kakek.

Kalo pertanyaan mengarah ke laku ato tidaknya jualan program dengan Delphi, itu masalah lain.
(Maksudnya kewajiban kita berusaha, Tuhan yang mempertemukan dengan rejeki)
Tidak terasa saya 7 tahun masih setia dengan 'mbak' Delphi. Mungkin ada yg lebih lama dari saya...
Jangan kawatir 2 bulan tidak laku jualan program. Sayangnya kita semua yang dulu mungkin kuliah hanya diajarkan
mata kuliah lebih ke arah teknis, jadinya kita pintar coding daripada pintar jualan hasil coding.
Nah...alhamdulillah sampai 4 tahun ini saya belum pernah menerima BLT, belum pernah sampai kelaparan, anak istri juga
makan tidur nyaman, bahkan rejeki dari hasil coding bisa buat buka usaha sampingan kecil-kecilan buka counter HP n Voucher.

Kawan2 spt Mpu Gondrong, Rusmin Noer, Hans, Mr.F,dll orang2 yg konsisten spt Anda
menjadi inspirasi saya...sekali lagi Terimakasih kawan-kawan Delphindo.
Jangan pesimis, tetap semangat....harusnya kawan2 yg tinggal di kota-kota besar bisa lebih dari saya yg tinggal di kota
kecil.

0 komentar:

SIAKAD

SIAKAD
Sistem Informasi Akademik

Hit Counter


View My Stats

Simpeg

Simpeg
Sistem Informasi Kepegawaian

SIMPAU

SIMPAU
Sistem Informasi Perijinan Angkutan Umum