Klik Proyek Sistem Informasi Akademik di AAK YPM Sidoarjo



Alhamdulillah... Hari ini tanggal 03 November 2008 bisa menyelesaikan tahapan dari salah satu projectku, yakni Sistem Informasi Akademik di Akademi Analis Kesehatan YPM Sidoarjo. Awalnya proyek ini adalah berkat informasi dari rekan 1 kelas dulu , Slamet Wijayanto, alumni MITEK-UB. Karena kesibukannya sebagai abdi negara, PNS di Pemkab Mojokerto, maka menurutnya lebih baik dilimpahkan ke orang yang mengerjakan proyek IT bukan sebagai sambilan alias full sebagai programmer. Akhirnya saya yang menangani SIAKAD ini. Mengenai profil sobat Slamet Wijayanto ini, sebenarnya dia adalah dulunya programmer Visual Foxpro di suatu pabrik manufaktur pemroduksi alat-alat/barang-barang rumah tangga. Mungkin inilah salah satu barokah dari jalinan tali silaturrohiim. SIAKAD ini merupakan projectku yang ke 3 ,sebelumnya pernah aku kerjakan adalah STKIP Nganjuk dan STAIN Kediri. Perbedaannya adalah AAK YPM Sidoarjo ini relatif masih baru, karena baru meluluskan 1 angkatan saja. Karena itu saya tidak begitu capek untuk meng-customisasi prototipe SIAKADku. Tinggal menyesuaikan modul keuangannya saja yang memang agak berbeda dengan sistem accounting (prinsip-prinsip akutansi). Yang lainnya ya seperti biasa, seperti KRS,KHS,penJadwalan Kuliah,Absensi,Transkrip Nilai, dan beberapa fasilitas untuk mempermudah pekerjaan BAAK. Pada awalnya, SIAKAD dalam angan-anganku gampang , eh..ternyata ketika mendesign konsep databasenya agak menguras pikiran juga. Pemikiranku adalah agar dibawa (diterapkan) ke kampus mana saja tidak terlalu merubah prototipe terlalu banyak. Kode program masih tetap aku kerjakan dengan Delphi 6 , database dengan MySQL, komponen DBAwarenya aku memakai Zeos. Clear, tidak ada masalah dalam instalasi database dan program SIAKAD. Sedikit modifikasi koneksi regisrasi database , utak atik codingnya cukup 5 menit , langsung konek. Sekarang tinggal customisasi modul keuangannya. Semoga selesai dalam waktu 2 minggu ke depan. Namun pada proyekku kali ini , aku dibantu oleh 1 rekan kerjaku yang baru. Mula-mula aku ajari kecil-kecilan , cara ngrimping kabel LAN. 2 kali aku ajari meihat langsung sambil praktek eh ternyata si Arik bisa cepet nangkep. Walopun nanti Arik aku poles jadi programmer tapi paling tidak ya harus bisa nge-LAN lah, bisa instalasi server, dll...
Oleh Imam Al-Ghozali dituturkan kalau menuntut ilmu itu mendengarkan, menuliskan, menghafalkan , menerapkan, menyebarkan.
Ilmu tidak akan berkurang kalau kita bagi-bagikan. Justru akan semakin bertambah ilmu kita. Cuman kalau membagi ilmu (pemrograman) kadang sulit mencari yang mau menerima secara bertahap dan sabar....inginnya langsung jreng copy paste. Semoga masih ada semangat jiwa-jiwa muda untuk menjadi programmer....

--Hendrik--


0 komentar:

SIAKAD

SIAKAD
Sistem Informasi Akademik

Hit Counter


View My Stats

Simpeg

Simpeg
Sistem Informasi Kepegawaian

SIMPAU

SIMPAU
Sistem Informasi Perijinan Angkutan Umum