Membangun Program Retail Di Lereng Gunung Kelud

Melaju dengan sepeda motorku dengan kecepatan 60km/jam menuju arah timur
Kabupaten Kediri. Jarak dari kota sekitar 40-50km ke tempat clientku berada,
yakni Swalayan Praja. Swalayan Praja sedang dalam tahap pembangunan fisik dan
infrastruktur sejak 2 bulan yang lalu. Sekarang saatnya saya instalasi jaringan
plus nyoba program retail yang telah saya buat untuk Swalayan Praja.
Lokasi Swalayan Praja ini agak unik. Saya katakan unik karena berada di lereng
Gunung Kelud. Tepatnya di Kecamatan Puncu, yang memang letaknya agak di lereng
gunung. Namun tidak tepat dilereng persis, hanya di dataran lereng menuju gunung
kelud.

Pertama kali berkunjung kesannya sangat jauh dari kesan ramai. Kenapa kok
pemiliknya berani mendirikan Swalayan di sini (tanyaku dalam hati) ??? Ternyata
kemajuan ini adalah hasil dari jerih payah sejak dulu , berawal dari toko
mracang (kelontong) di pasar tradisional. Dan satu-satunya toko kebutuhan rumah
tangga yang paling diminati pembeli karena memakai sistem beli banyak harga
mendekati grosir. "Saya selalu ngambil laba sedikit Mas ", jelas pemiliknya.
Beberapa tahun ahirnya hasilnya bisa untuk membangun Swalayan Praja ini.

Yang bisa diambil pelajaran dari clientku ini adalah kesabarannya mengelola dari
nol sampai besar seperti ini. Kegigihannya juga perlu ditiru. Apapun profesi kita harus dibarengi ketelatenan , kesabaran, kalo orang jawa bilang "nrimo ing pandom" (menerima dalam rezeki - yang diberikan ALLOH ) dg dibarengi doa dan usaha yang tak pernah berhenti.

Program yang saya buat ini seperti biasa masih memakai Delphi, saya buat se simple mungkin seperti program-program swalayan lainnya.
Tidak lupa, setiap ada proyek, saya selalu mengajak rekan-rekan mahasiswa yang ingin belajar secara langsung mempraktekkan di lapangan. Mengandalkan di perkuliahan tidaklah cukup. Ilmu lebih sreg langsung dipraktekkan. Pembelajaran seperti ini sangat terasa, salah satunya 2 rekanku ini. Semoga ilmu yang saya tularkan bermanfaat bagi mereka.



--Hendrik--
--Lereng gunung Kelud--

SIAKAD

SIAKAD
Sistem Informasi Akademik

Hit Counter


View My Stats

Simpeg

Simpeg
Sistem Informasi Kepegawaian

SIMPAU

SIMPAU
Sistem Informasi Perijinan Angkutan Umum