SOLUSI DAHULU ATAU INSPIRASI DAHULU ???



Entah apa namanya tiba-tiba dalam semalam pekerjaan ngoding yang “tak bisa kulakukan” bisa selesai saat itu juga. Yakni membuat program mencetak dari Printer Barcode Merk SATO Serie CX400. Bagi saya ini hal baru. Sebab tidak semua client mau membeli printer itu kalau tidak benar-benar perlu. Selain harganya kisaran 5 juta-an, tingkat kebutuhan user juga jarang sekali menggunakan cetak barcode di printer khusus barcode. Printer ini memang khusus untuk mencetak kode barcode.

Program ditujukan untuk mencetak dan menscan barscode yang digabung ke suatu sistem yang memudahkan untuk pemrosesan. Kalo sekarang lebih dipermudah lagi dengan pem-barcodean surat –surat keputusan perijinan.

Kendala pertama adalah jarang sekali buku referensi yg berisi petunjuk pemakaian, kebanyakan buku2 pemrograma hanya berkisar cetak ke printer biasa.

Kendala kedua, di milis delphindo juga belum ada treat yg membahas printer SATO ini. Biasanya begitu ada tips dari rekan2 delphindo saya langsung mencoba dan utak atik.

Selama 6 bulan saya mencoba mencari cari pemecahannya (solusinya), tapi tak pernah bisa. Mungkin memang karena keterbatasan ilmu pengetahuan saya kali, jadi mengandalkan referensi2.

Entah kenapa tadi malam di detik-detik terakhir, injury time, tangan ini bekerja dengan sendirinya. Artinya bukan karena hal ghoib,tapi sedang klik saat itu. Begitu jam 21 malam duduk didepan laptop, tangan ini seolah ada yg menginspirasi. Sedikit demi sedikit trial and error ketemu solusinya. Padahal banyak referensi dari internet sudah saya terapkan, tapi belum juga bisa sukses programnya. Begitu mudahnya ketika dibukakan pikiran ini oleh YANG MAHA MENGUASAI ILMU PENGETAHUAN. Subhanalloh…ternyata tidak bisa kita selalu mengandalkan solusi dahulu, terkadang inspirasi secara abstrak juga perlu didahulukan. Hal itu dalam dunia pemrograman mungkin bisa dikatakan jurus mabuk….seperti layaknya film drunken master. Cukup 3 jam selesai untuk mengerjakan pekerjaan yg tertunda 6 bulan. Lega dan puas rasanya tak terperi.

Bagi yang menggeluti dunia pemrograman, sekali lagi, maju terus, tak ada yg tak bisa, tinggal hanya menunggu time yg tepat…..

2 komentar:

Setiaji mengatakan...

Bener mas, setuju sekali. Minggu ini saya ada job yang dikasih mulai dari selasa. Baru bisa selesai hari jumat. Entah kenapa jumat pagi itu, jari-jari saya seolah mengetik sendiri :D ada yang menuntun. Dan rampunglah job itu di sore harinya. Kita emang ngga ada ilmunya, semua cuma punya Dia. Kita cuma bisa usaha...

Kaspri mengatakan...

Mas Hendrik, salam kenal.. sy richard - programmer juga (mungkin kita seangkatan), bikin software memang tidak sulit, tapi menjadi solusi itu yg paling sulit. masalah spt air terjun yg tidak akan pernah berhenti. Sehingga kadang inspirasi mati berdiri sebelum coding dimulai. atau inspirasi datang menggebu2 saat aplikasi sedang digemari, jadi sulit menyeimbangkan keduanya. Coding tanpa inspirasi - seperti memasak tanpa menyalakan kompor. Itulah sebabnya staf2 google dan apple lebih banyak disuruh bermain dan bergembira supaya mendapatkan kreasi dan inspirasi dalam pengembangan. buat oleh2 perkenalan Mas Hendrik bisa download aplikasi ini: http:\\kaspri.blogspot.com

SIAKAD

SIAKAD
Sistem Informasi Akademik

Hit Counter


View My Stats

Simpeg

Simpeg
Sistem Informasi Kepegawaian

SIMPAU

SIMPAU
Sistem Informasi Perijinan Angkutan Umum